Minggu, 12 Februari 2012

artis musik rap terkejut dengan dampak kelaparan di Somalia, Kenya


 artis musik rap terkejut dengan dampak kelaparan di Somalia, Kenya
Oleh Peter Mutai
NAIROBI, Feb.9 (ANTARA News) - Rap bintang musik Curtis "50 Cent" Jackson pada Kamis menyatakan keprihatinan mendalam tentang sifat dari kelaparan di Kenya dan dampaknya terhadap Somalia tetangganya.
Jackson yang telah melakukan kunjungan lapangan ke Somalia dan Kenya untuk melihat tangan pertama melawan kelaparan di Tanduk Afrika mengatakan apa yang ia hancur dengan apa yang dilihatnya di kedua negara terutama penderitaan anak-anak dan perempuan di kamp-kamp Somalia.
"Apa yang saya lihat adalah menghancurkan -. Para perempuan dan anak-anak telah mempertaruhkan segalanya untuk datang ke kamp Somalia, hanya untuk mendapatkan makanan Mereka membutuhkan bantuan kita," kata Jackson, menurut pernyataan yang dikeluarkan di Nairobi oleh Program Pangan Dunia PBB(WFP).
WFP telah hosting bintang rap musik yang terbang pada hari Rabu untuk Dolow di wilayah perbatasan selatan Somalia, di mana ribuan perempuan dan anak-anak berlindung di Kabasa kamp untuk para pengungsi melarikan diri dari kekeringan dan konflik.
Dia melihat perempuan dan anak yang diskrining untuk gizi buruk, dan mengunjungi sebuah sekolah di dekatnya.
Pekan lalu, PBB menyatakan mengakhiri kondisi kelaparan di Somalia tetapi memperingatkan bahwa krisis di Tanduk Afrika belum berakhir dan memerlukan upaya terus memulihkan keamanan makanan dan membantu orang melanjutkan kehidupan normal.
Jumlah orang yang membutuhkan bantuan darurat kemanusiaan di Somalia telah menurun 4000000-2300000, atau 31 persen dari populasi, menurut sebuah laporan baru oleh PBB. Selain itu, 325.000 anak-anak kekurangan gizi akut.
Jackson pada Kamis mengunjungi sebuah sekolah di sebuah daerah kumuh Nairobi dimana dia bertemu anak-anak, yatim piatu banyak dari mereka.
"Untuk memenuhi anak-anak itu begitu menginspirasi, mereka tidak ada, namun mereka begitu positif dan optimis saya ingin melakukan bagian saya sehingga mereka mendapatkan makanan dan pendidikan.. Saya berharap lebih banyak orang akan bergabung dengan saya untuk membantu mengakhiri situasi ini menghancurkan," katanya.
Pada bulan September tahun lalu, Jackson membuat komitmen publik untuk memberikan satu miliar makanan untuk yang kelaparan.
Sebagai bagian dari penggalangan dana, ia menyumbang uang untuk WFP dari penjualan minuman energi baru, yang disebut King Street. Untuk setiap unit terjual, ia telah berjanji untuk menyumbangkan 10 sen AS, yang mencakup biaya khas makanan di makan WFP.
WFP menyediakan makanan bergizi dan makanan ringan untuk meningkatkan konsentrasi di dalam kelas dan mendorong keluarga untuk mendaftarkan diri dan menjaga anak-anak mereka di sekolah.
Sebuah bencana kekeringan melanda Tanduk Afrika tahun lalu, menyebabkan kekurangan pangan yang merenggut nyawa puluhan ribu orang di Somalia dan menyebabkan deklarasi kelaparan oleh PBB di enam daerah di negara itu.
Pada puncak krisis, 750.000 orang di Tanduk Afrika beresiko kematian.
Sebuah kelaparan dinyatakan ketika langkah-langkah berikut kematian, kekurangan gizi dan kelaparan terpenuhi: setidaknya 20 persen rumah tangga dalam menghadapi kelangkaan makanan daerah ekstrim dengan kemampuan terbatas untuk mengatasinya, tingkat gizi buruk akut melebihi 30 persen, dan angka kematian melebihi dua orang per hari per 10.000 orang.
sumber: http://news.xinhuanet.com/english/entertainment/2012-02/10/c_131401811.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar